Mengetik Sepuluh Jari

Sering kali kita melihat disemua bidang kedinasan, terlebih - lebih diperkantoran banyak orang - oarang yang masih mengetik menggunakan sebelas jari (jari telunjuk kanan dan tekunjuk kiri) keren banget ya, padahal jari kita cuma ada sepuluh, namun kita merasa terkagum - kagum melihat orang yang mengetik tanpa melihat keyboard dengan menggunakan sepuluh jari, tapi itu sudah menjadi hal yang umum, sudah banyak orang yang mahir mengetik menggunakan sepuluh jari, namun bagi kita orang - orang awam yang tidak punya biaya untuk kursus jangan khawatir banyak sobat - sobat baik hati lainya yang baik hati tidak segan - segan membagi ilmunya yang sudah dipubliskan, misalnya Anin.. (hehehe muji diri g papa ya sobat).
Hayo kita mulai sebelum mulai mengetik sobat baca dulu artikel mengenai jenis - jenis keyboard biar tahu alat yang digunakan, hehehe piss sobat..
Setalah sobat tahu kini giliran pengaplikasiannya, sudah siap kan sobat, pertama tarik nafas dulu dalem - dalem, dihembuskan secara berlahan dilakkan berulanga.. Eitz, apa sich kok jadi tambah ngarang gini, maaf sobat intermezo dulu lah..
Sebelum mengetik ada hal penting yang perlu sobat perhatikan.. yaitu persiapanya sobat, nah berikut ini persiapan yang wajib (kaya shalat aja)  dan perlu kita tahu :




Struktur tombol pada keyboard
 Dari sisi tombol yang digunakan,  keyboard memiliki perkembangan yang tidak  terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.  Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4,  yaitu:
  1. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari  keyboard yang berisi  huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe  QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan  sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
  1.  Numeric Keypad
Numeric  keypad merupakan bagian khusus dari  keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur  angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
  1.  Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
  1.  Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini  adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan  numeric  keypad,  home,  end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).


Tips menggunakan keyboard
 Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah  bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.  Untuk itu ada baiknya mengikuti  nasehat Stephanie Brown, seorang  guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin  pemain piano yang sedang pentas,"  katanya. Stephanie memberi lima  petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard. 
  1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan  Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak  mengambang. Jangan tegang.
  2. Posisi siku menggantung  Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
  3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda  Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
  4.  Tekan tombol dengan tenang  Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
  5.  Bila tidak sedang mengetik  Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di  keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.

Posisi tangan pada keyboard


Tangan Kiri 
Jari Kelingking 
Baris Pertama =‘ dan 1
Baris Kedua =Tab dan Q
Baris Ketiga =Capslock dan A
Baris Keempat =Shift kiri dan Z
Baris Kelima =Ctrl dan Windows

Jari Manis 
Baris Pertama =2
Baris Kedua =W
Baris Ketiga =S
Baris Keempat =X
    
Jari Tengah
Baris Pertama =3
Baris Kedua =E
Baris Ketiga =D
Baris Keempat =C

Jari Telunjuk
Baris Pertama =4 dan 5
Baris Kedua =R dan T 
Baris Ketiga =F dan G 
Baris Keempat =V dan B



Tangan kanan

Ibu Jari
Baris Kelima =Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama =6 dan 7
Baris Kedua =Y dan U
Baris Ketiga =H dan J
Baris Keempat =N dan M
    
Jari Tengah
 Baris Pertama =8
Baris Kedua =I
Baris Ketiga =K
Baris Keempat =,
    
Jari Manis
Baris Pertama =9
Baris Kedua =O                       
Baris Ketiga =L
Baris Keempat =.

Jari Kelingking
Baris Pertama =0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua =P, [ dan ]
Baris Ketiga =, ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat =/ dan shift kanan


Jadi gitu sabat posisinya, sebenarnya masih banyak lagi posisi - posisi cara mengetik, tapi Anin cuma posting yang Anin gunakan sehari - hari aja, untuk mendapatkan modulnya silahkan klik INI sobat, lebih lengkap dan jelas, dan untuk melatih kelenturan serta ketangkasan tangan kli IKI.

0 komentar:

Copyright © Anin Tiar Blog