Jenis - jenis keyboard

Hai, sahabat Anin, apa kabar?? sudah lama Anin tidak posting ilmu diblog, kali ini Anin akan posting sedikit pengetahuan Anin Mengenai  jenis - jenis keyboard.. sudah tahu kan sobat apa itu keyboard??
Keyboard adalah alat masukan (Input device) yang digunakan untuk memasukan karakter berupa angka atau huruf kedalam komputer.
Nah berikut ini jenis - jenis keyboard yang Anin tahu...

Keyboard menurut tata letak tombolnya, anatara lain :

1. Jenis QWERTY

Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905.Jenis keyboard ini yang sekarang umu digunakan, dan dikategorikan sebagai user friendly. kebanyakan orang indonesia juga menggunakan keyboard jenis ini.



 
2. Jenis DVORAK
Ketidakefisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yangg dirancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri.

3. Jenis Alphabetik

Tombol tombol pada papan ketik Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth.



4. Jenis Klockenberg
Tata letak tombol ini dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sepopuler seperti jenis QWENTY tetapi menggunakan tombol ini bisa mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.


5. Jenis Palantype

Papan ketik jenis ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal,dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.

6. Jenis Stenotype
 Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype. 






4. Ergonomic
Pengguna yang ‘betah’ berjam-jam di depan PC sambil menggunakan keyboard dan mouse memiliki risiko tinggi untuk terkena Carpal Tunnel Syndrome. Untuk mengurangi risiko tersebut, Microsoft merilis keyboardnya yang bukan hanya berdesain ergonomis tetapi juga dirancang untuk meminimalkan keletihan akibat terlalu lama memakai keyboard. 
Keyboard yang cikal bakalnya berasal dari Microsoft Natural keyboard yang dirilis sepuluh tahun lalu ini membagi to mbo l- tombolnya dalam dua bagian. Masing-masing dipisahkan oleh sudut 24° yang membelah kedua bagian keyboard tersebut. Tujuannya agar susunan tombolnya mengikuti sudut kemiringan pergelangan tangan dan lengan


5. Multimedia

Menilik judulnya kita bisa dengan mudah menyimpulkan kalau inilah jawaban buat anda yang maniak bermain game. Dirancang kompak dengan desain yang futuristik, keyboard Logitech’s G-series G19 ini memang menawarkan nuansa yang berbeda dalam bermain game.
Disamping kemampuan standardnya yang berfungsi untuk menjalankan perintah ke CPU, keyboard ini sudah dilengkapi beberapa fitur tambahan yang menarik. Fitur tersebut diantaranya ialah aplikasi GamePanel LCD yang menempel langsung dengan resolusi warna 320 x 240 pixel. Dengan fitur ini kamu bisa langsung memainkan 60 games berbeda termasuk di dalamnya game World of Warcraft.
Tidak hanya itu layar apik yang menempel pada keyboard ini sanggup pula menampilkan gambar, video, data dan detail komputer. Memperlengkapi seluruh kemampuannya, pada keyboard ini sudah terpasang mantap 2 sambungan USB, Headset G35 Surround Sound, dan juga mouse laser G9x. Well…untuk mendapatkan piranti yang satu ini anda harus rela merogoh kocek lumayan hingga $200 atau sekitar Rp 2 Juta rupiah.

6. Virtual

Kini, diciptakan salah satu perangkat praktis untuk pelengkap komputer, yaitu keyboard virtual agar Anda tak lagi repot membawa perangkat kumpulan tuts tersebut kemana-mana.
keyboard virtual adalah salah satu fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa.
Dalam dunia PC desktop, program windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse.
Untuk pengoperasian Personal Data Assistant (PDA), biasanya user atau pengguna, memasukan teks melalui pengetikan di keyboard virtual yang sudah ter-setting dalam sistem operasi PDA. Sedangkan untuk virtual keyboard dengan teknologi tinggi, penggunaan keyboard dibuat hanya melalui cahaya yang muncul. Cahaya yang dimunculkan hanya perlu diproyeksikan pada semua permukaan datar.
Penggunaan keyboard virtual ini sangat ideal untuk digunakan di luar angkasa. Sensor akan terbaca via infra merah, sesuai dengan apa yang kita ketik pada keyboard tersebut.
Cara kerja keyboard virtual:
1. Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
2. Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
3. Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
4. Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
5. Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
6. Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
7. Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.
Dimana saja dan kapan saja Selain praktis, keyboard virtual ini bisa disambungkan dan digunakan melalui PDA, saluran telepon, laptop, pc tablet, pelengkap peralatan di luar angkasa, untuk daerah industri, dalam kendaraan, baik udara, air, maupun darat. Produk ini juga lebih steril dibandingkan penggunaan keyboard manual.
Keuntungan lainnya, keyboard jenis ini bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak biasa menggunakan keyboard biasa karena keterbatasan psikis.

 Keyboard menurut jenis portnya, antara lain :

1.Keyboard Serial
Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT, Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2.  namun keyboard ini sekarang sudah tidak digunakan lagi, jenis keyoboard ini hanya digunakan pada komputer jadul. jadi kalau sobat sudah tidak menemukan keyboard versi itu maklum saja.


b. Keyboard PS/2
 biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.





c. Keyboard wirelless

Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.



d. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.
 Dan masih banyak lagi kawan untuk jenis - jenis keyboard yang lainnya.. apapun jenis keyboardnya fungsinya tetap satu yaitu memasukan karakter baik berupa huruf atau angka kedalam komputer.. nah sekarang Anin akan membahas cara mengetik sepuluh jari dengan menggunakan keyboard tipe QWERTY, klik disini untuk lebih jelasnya..

0 komentar:

Copyright © Anin Tiar Blog